Jika Dipanaskan Lagi 6 Makanan Ini Malah Akan Jadi Racun -->

Advertisement

Jika Dipanaskan Lagi 6 Makanan Ini Malah Akan Jadi Racun

Eureka
February 26, 2016

Makanan yang dimasak hari ini, terkadang tidak habis disantap dan harus disimpan dalam lemari pendingin. Sudah jadi kebiasaan bagi ibu rumah tangga bahwa makanan ini nantinya akan dipanaskan lagi agar dapat dikonsumsi keesokan harinya.

Sekilas tak ada yang aneh dari kebiasaan memanaskan lagi makanan sisa kemarin. Namun Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, sebab ia akan berubah sifatnya menjadi racun.

Apa saja makanan yang berbahaya jika dipanaskan kembali, simak berikut ini:

Seledri dan bayam

Sebuah senyawa bernama nitrat terkandung dalam sayur jenis bayam dan seledri. Senyawa ini akan berubah menjadi racun apabila dipanaskan dalam suhu tinggi, apalagi jika berkali-kali. Sebaiknya hanya satu kali saja Anda memasak sayur ini, lalu menghabiskannya agar tidak bersisa.

Jamur

Jamur mengandung protein nabati yang baik dikonsumsi. Memasaknya Anda hanya perlu lakukan sekali saja, dan jangan sampai memanaskan berkali-kali. Ini akan memicu berubahnya komposisi jamur jadi beracun.

Telur

Telur juga sumber protein yang berguna untuk tubuh, jika tidak dipanaskan. Melakukan pemanasan lebih dari sekali akan menimbulkan zat racun.

Kentang

Kentang jika dipanaskan lagi dengan digoreng akan memicu bakteri botulism berkembang biak. Ini bakteri merugikan yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Ayam

Jangan kaget jika ayam juga disarankan untuk tidak dipanaskan. Protein dalam daging ayam akan rusak dan berubah jadi racun bila Anda panaskan berulang-kali.

Nasi

Dilansir oleh Food Standard Agency, terdapat spora dalam nasi yang jika dipanaskan lebih dari 3 kali akan berkembang menjadi racun. Ia membuat orang yang memakan jadi diare atau mual dan muntah.

Masaklah dalam jumlah sekali makan habis, agar bahan-bahan tersebut tidak menjadi racun dan malah membuat Anda sakit.